Saturday, January 6, 2018

Perawatan Mobil Sederhana

Perawatan Mesin Mobil Sederhana Bagi Pemula


Assalamualaikum Wr Wb

      Pada artikel kali ini saya akan berbagi ilmu buat kalian nih Sobat para pemilik kendaraan ringan (sebutan mobil dalam dunia otomotif) .  Yang saya akan bagikan ini adalah langkah perawatan mobil sederhana karena sejatinya untuk lebih menguasai dunia permesinan khususnya otomotif diperlukan pembelajaran yang bertahap seperti jenjang pendidikan. ).Namun secara tidak sadar hal ini juga dapat memberikan keuntungan  yaiitu untuk menghemat biaya juga sekaligus secara bertahap akan mengenali permasalahan dalam bidang otomotif.Ok, langsung saja ke pokok pembahasan : 

Sebelum itu ada tips penting nih sobat bagi kalian yang ingin mencobanya :
  • Jangan pernah takut untuk mencoba
  • Hafalkan betul-betul posisi dari setiap komponen sehingga ketika melepas lalu memasangnya kembali tidak lupa dan jika perlu digambar atau direkam.
  • Siapkan tempat untuk menaruh baut/mur supaya tidak kesenggol dan hilang.
  • Sebaiknya aksesoris seperti cincin, gelang, jam tangan dll.
  • Usahakan kalau melepas baut/mur menggunakan kunci Ring (yang melingkar) dan memasangnya memkai kunci pas (sepeti huruf U)
  • Belilah cleaner (pembersih dari cairan) yang digunakan untuk membersihkan karburator/ ruang bakar. Sobat bisa tanya-tanya ke bengkel atau lihat-lihat seperti apa cleaner yang digunakan. Kalau saran saya sih mending beli 2 yang cleaner injection yang harganya sekitar 60-70 (untuk cleaner injection yang saya bagikan ini jarang digunakan dibengkel-bengkel soalnya harganya lumayan mahal dan dan cleaner carburator yang harganya sekitar 20-35 soalnya itu yang terjamin bagus. Oh ya sobat saya mau ngasih tau kalu cleaner carburator buat membersihkan komponen nah kalau yang cleaner injection untuk ruang bakar, oh ya sobat juga jangan takut ya meski mobil anda masih menggunakan karburator tidak apa-apa kok kalu menggunakan cleaner injection asal penggunaannya seperti yang saya jelaskan tadi.
  • Dibongkar-bongkar semua dulu baru kalu sudah selesai semua pasang kembali.
  • Kalau mau memasang busi perhatikan dulu bagian jentil-jentil yang terhubung dengan kabel busi. Nah jentil-jentil itu kan bisa dilepas/diputar. Nah pastikan jentil-jentil itu kencang ya sobat supaya nanti pas mau dipasang tidak jatuh ke ruang bakar.
  • Perhatikan posisi kabel tegangan tinggi busi ya sob soalnya penempatannya ke businya menyilang-menyilang.

Left : Injection & Right : Carburator

Ok, langsung saja ke pokok pembahasan : 

1. Perawatan sistem Bahan Bakar
- Bersihkan Filter Udara
Filter bahan bakar berfungsi menyaring udara yang akan masuk ke ruang mesin, jadi di filter udara inni akan ada kotoran yang mengumpul akibat tertahan oleh benda yang rapat sehingga kotoran tersebut tidak terhisap oleh mesin. Biasanya dibengkel dalam membersihkannya menggunakan kompresor udara tapi jika sobat-sobat tidak memiliki bisa dijemur panas matahari kemudian setelah itu dikibas-kibaskan atau bisa ditiup tapi hati-hati nanti masuk kehidung (bikin bersin...hehee)dan sekalian rumah-rumahnya dibersihkan menggunakan tisu basah.
- Bersihakan Filter Bahan Bakar
Apalagi niih?... kok filter lagi....? Nah yang ini adalah filter bahan bakar kendaraan anda (bensin, solar, dll). Cabut selang-selang yang tersambung kemudian ambil filter bahan bakar, jika bisa dibongkar maka bongkarlah dan bersihkan menggunakan tisu teapi jika tidak bisa dibongkar mau gimana lagi harus disemprot menggunakan kompresor udara.
- Bersihkan Karburator (mobil sekarang menggunakan Throttle Body)
Nah, komponen yang satu ini lumayan ngeri (haha..) kenapa? Karena sedikit rumit dan banyak mur/bautnya, jadi hati-hati dalam membedakannya dan penempatannya. Untuk yang Throttle body lumayan gampang dan tidak terlau rumit dibandingkan karburator.
Oh yaa sobat perhatikan juga Perpak/gasket (adalah bagian yang tejepit antara 2 benda biasnya terbuat dari  logam lunak, kertas, karet) jika bentuknya sudah berantakan/rusak segera ganti yang baru karena gasket ini berfungsi untuk melindungi 2  benda yang saling bertumpuan sehingga tidak terjadi goresan (bayangkan nih sobat 2 benda terbuat dari logam kemudian bergesekan,tertekan, maka akan menimbulkan goresan, luka). Dan juga berfungsi untuk melindungi dari kebocoran karena permukaan benda kan tidak selalu rata 100% setelah pemakaian.
Nah bersihkan Karburator/Throttle Body nya menggunakan “cleaner carburator” kemudian dilap menggunakan tisu.
Gasket/perpak

2. Perawatan Busi
Lepas semua busi kemudian bersihkan busi menggunakan sikat kawat dan jangan lupa tetesi bensin supaya arang-arang bisa terkelupas dan busi jadi bersih, pakailah tisu untuk mengelap.
3. Cek keadaan oli
Cara mengeceknya gampang kok sobat... gak perlu membuka baut atau apa-apa... Cuma ambil stick oli (besi kecil panjang). Bisa diambil dari atas kok sobat ada dibagian mesin atas. Biasanya bagian atas stick dibuat lingkaran untuk pegangan.
Cek oli apakah warnanya masih kuning atau hitam jika hitam perlu diganti. Kemudian lihat tinggi oli apakah sampai tanda f / Full, minimal sampai pertengahan. Jika belum mencapai pertengahan tambahkan oli.




4. Pembersihan Ruang bakar
Tenang sob... sobat gak perlu nglepas-nglepas mesin kok, cuman  semprotkan “cleaner Injection” ke ruang mesin melalui lubang tempat busi. Jangan kaget ya sob.. cleaner Injection seperti busa menggumpal dan warnanya putih. Semprotkan secukupnya, Kemudian tutup kain panjang dan tebal  lalu ditutupkan ke bagian tiap-tiap lubang busi. Sobat bisa minta bantuan teman sobat atau siapa untuk memegangi kain tersebut supaya nanti kotoran tidak muncrat kemana-mana. Tapi kalu tidak ada orang diusahakan kainnya yang teba (handk)l sehingga nanti kain tidak terlempar akibat hentakan angin. Kemudian nyalakan mesin/starter....(tenang sob gak apa-apa kok asalkan kabel businya tidak dengan kain dan lubang busi tersebut atau hadapkan kebawah). Starter 2x tiap starter selam 3 atau 4 detik . stelah itu lihat kain tersebut pasti ada cairan kotor yaitu cairan “cleaner injection” bersama kotoran. Lalu semprotkan lagi “cleaner injection” ke ruang bakar. Dibagi ya sob supaya 1 botol untuk 1 pemakaian kalu ingin disisakan ya kira-kira sedikit saja. Setelah selesai pasang busi-busi dan kabelnya.
5. Pengecekkan Air Radiator
Cek air radiatornya sob, buka tutupnya dan lihat ketinggian airnya. Batasnya sampai leher/ bagian yang dekat tutup tersebut. Kalu kurang bisa diisi melalui radiatornya langsung dan bisa juga dari Reservoir Tank (tangki cadangan yang tersambung dengan radiator)

Okeh... mungkin cukup itu saja yang bisa saya sampaikan, kalau belum paham baca berulang-ulang ya sob. Perhatikan betul-betul tips yang tertera diatas ya sob, yang saya buatkan kolom, itu sangat membantu sekali dalam praktik. Terima kasih atas perhatiannya.



Wassalamualaikum Wr Wb

No comments:

Post a Comment