Perawatan Mesin Mobil Sederhana
Bagi Pemula
Assalamualaikum Wr Wb
Pada
artikel kali ini saya akan berbagi ilmu buat kalian nih Sobat para pemilik
kendaraan ringan (sebutan mobil dalam dunia otomotif) . Yang saya akan bagikan ini adalah langkah perawatan
mobil sederhana karena sejatinya untuk lebih menguasai dunia permesinan
khususnya otomotif diperlukan pembelajaran yang bertahap seperti jenjang
pendidikan. ).Namun secara tidak sadar hal ini juga dapat memberikan
keuntungan yaiitu untuk menghemat biaya
juga sekaligus secara bertahap akan mengenali permasalahan dalam bidang
otomotif.Ok, langsung saja ke pokok pembahasan :
Sebelum
itu ada tips penting nih sobat bagi kalian yang ingin mencobanya :
- Jangan pernah takut untuk mencoba
- Hafalkan betul-betul posisi dari setiap komponen sehingga ketika melepas lalu memasangnya kembali tidak lupa dan jika perlu digambar atau direkam.
- Siapkan tempat untuk menaruh baut/mur supaya tidak kesenggol dan hilang.
- Sebaiknya aksesoris seperti cincin, gelang, jam tangan dll.
- Usahakan kalau melepas baut/mur menggunakan kunci Ring (yang melingkar) dan memasangnya memkai kunci pas (sepeti huruf U)
- Belilah cleaner (pembersih dari cairan) yang digunakan untuk membersihkan karburator/ ruang bakar. Sobat bisa tanya-tanya ke bengkel atau lihat-lihat seperti apa cleaner yang digunakan. Kalau saran saya sih mending beli 2 yang cleaner injection yang harganya sekitar 60-70 (untuk cleaner injection yang saya bagikan ini jarang digunakan dibengkel-bengkel soalnya harganya lumayan mahal dan dan cleaner carburator yang harganya sekitar 20-35 soalnya itu yang terjamin bagus. Oh ya sobat saya mau ngasih tau kalu cleaner carburator buat membersihkan komponen nah kalau yang cleaner injection untuk ruang bakar, oh ya sobat juga jangan takut ya meski mobil anda masih menggunakan karburator tidak apa-apa kok kalu menggunakan cleaner injection asal penggunaannya seperti yang saya jelaskan tadi.
- Dibongkar-bongkar semua dulu baru kalu sudah selesai semua pasang kembali.
- Kalau mau memasang busi perhatikan dulu bagian jentil-jentil yang terhubung dengan kabel busi. Nah jentil-jentil itu kan bisa dilepas/diputar. Nah pastikan jentil-jentil itu kencang ya sobat supaya nanti pas mau dipasang tidak jatuh ke ruang bakar.
- Perhatikan posisi kabel tegangan tinggi busi ya sob soalnya penempatannya ke businya menyilang-menyilang.


Left : Injection & Right : Carburator
Ok, langsung saja ke pokok pembahasan :
1. Perawatan
sistem Bahan Bakar
- Bersihkan
Filter Udara
Filter bahan bakar
berfungsi menyaring udara yang akan masuk ke ruang mesin, jadi di filter udara
inni akan ada kotoran yang mengumpul akibat tertahan oleh benda yang rapat
sehingga kotoran tersebut tidak terhisap oleh mesin. Biasanya dibengkel dalam
membersihkannya menggunakan kompresor udara tapi jika sobat-sobat tidak
memiliki bisa dijemur panas matahari kemudian setelah itu dikibas-kibaskan atau
bisa ditiup tapi hati-hati nanti masuk kehidung (bikin bersin...hehee)dan
sekalian rumah-rumahnya dibersihkan menggunakan tisu basah.
- Bersihakan
Filter Bahan Bakar
Apalagi niih?... kok
filter lagi....? Nah yang ini adalah filter bahan bakar kendaraan anda (bensin,
solar, dll). Cabut selang-selang yang tersambung kemudian ambil filter bahan
bakar, jika bisa dibongkar maka bongkarlah dan bersihkan menggunakan tisu teapi
jika tidak bisa dibongkar mau gimana lagi harus disemprot menggunakan kompresor
udara.
- Bersihkan
Karburator (mobil sekarang menggunakan Throttle Body)
Nah, komponen yang
satu ini lumayan ngeri (haha..) kenapa? Karena sedikit rumit dan banyak
mur/bautnya, jadi hati-hati dalam membedakannya dan penempatannya. Untuk yang
Throttle body lumayan gampang dan tidak terlau rumit dibandingkan karburator.
Oh yaa sobat
perhatikan juga Perpak/gasket (adalah bagian yang tejepit antara 2 benda
biasnya terbuat dari logam lunak,
kertas, karet) jika bentuknya sudah berantakan/rusak segera ganti yang baru
karena gasket ini berfungsi untuk melindungi 2
benda yang saling bertumpuan sehingga tidak terjadi goresan (bayangkan
nih sobat 2 benda terbuat dari logam kemudian bergesekan,tertekan, maka akan
menimbulkan goresan, luka). Dan juga berfungsi untuk melindungi dari kebocoran
karena permukaan benda kan tidak selalu rata 100% setelah pemakaian.
Nah bersihkan Karburator/Throttle
Body nya menggunakan “cleaner carburator” kemudian dilap menggunakan tisu.
![]() |
Gasket/perpak |
2. Perawatan
Busi
Lepas semua busi
kemudian bersihkan busi menggunakan sikat kawat dan jangan lupa tetesi bensin
supaya arang-arang bisa terkelupas dan busi jadi bersih, pakailah tisu untuk
mengelap.
3. Cek
keadaan oli
Cara mengeceknya
gampang kok sobat... gak perlu membuka baut atau apa-apa... Cuma ambil stick
oli (besi kecil panjang). Bisa diambil dari atas kok sobat ada dibagian mesin
atas. Biasanya bagian atas stick dibuat lingkaran untuk pegangan.
Cek oli apakah warnanya masih
kuning atau hitam jika hitam perlu diganti. Kemudian lihat tinggi oli apakah
sampai tanda f / Full, minimal sampai pertengahan. Jika belum mencapai
pertengahan tambahkan oli.
4. Pembersihan
Ruang bakar
Tenang sob... sobat
gak perlu nglepas-nglepas mesin kok, cuman
semprotkan “cleaner Injection” ke ruang mesin melalui lubang tempat
busi. Jangan kaget ya sob.. cleaner Injection seperti busa menggumpal dan
warnanya putih. Semprotkan secukupnya, Kemudian tutup kain panjang dan
tebal lalu ditutupkan ke bagian tiap-tiap
lubang busi. Sobat bisa minta bantuan teman sobat atau siapa untuk memegangi
kain tersebut supaya nanti kotoran tidak muncrat kemana-mana. Tapi kalu tidak
ada orang diusahakan kainnya yang teba (handk)l sehingga nanti kain tidak
terlempar akibat hentakan angin. Kemudian nyalakan mesin/starter....(tenang sob
gak apa-apa kok asalkan kabel businya tidak dengan kain dan lubang busi
tersebut atau hadapkan kebawah). Starter 2x tiap starter selam 3 atau 4 detik .
stelah itu lihat kain tersebut pasti ada cairan kotor yaitu cairan “cleaner
injection” bersama kotoran. Lalu semprotkan lagi “cleaner injection” ke ruang
bakar. Dibagi ya sob supaya 1 botol untuk 1 pemakaian kalu ingin disisakan ya
kira-kira sedikit saja. Setelah selesai pasang busi-busi dan kabelnya.
5. Pengecekkan
Air Radiator
Cek air radiatornya
sob, buka tutupnya dan lihat ketinggian airnya. Batasnya sampai leher/ bagian
yang dekat tutup tersebut. Kalu kurang bisa diisi melalui radiatornya langsung
dan bisa juga dari Reservoir Tank (tangki cadangan yang tersambung dengan
radiator)
Okeh... mungkin cukup itu saja
yang bisa saya sampaikan, kalau belum paham baca berulang-ulang ya sob.
Perhatikan betul-betul tips yang tertera diatas ya sob, yang saya buatkan
kolom, itu sangat membantu sekali dalam praktik. Terima kasih atas
perhatiannya.
Wassalamualaikum
Wr Wb
No comments:
Post a Comment